Selasa, 10 Oktober 2023

Petunjuk Cara Menyisipkan Halaman ke Dalam Lembar MS.Word dan Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Hai! Perkenalkan nama saya Najwa Ruki Umanu, bisa dipanggil Nana, Najwa, atau apapun itu. Saat ini saya berusia 17 tahun dan akan menjadi 18 tahun pada 24 Oktober nanti. Hobi saya diantaranya adalah menggambar, membaca, bermain game, dan mempelajari bahasa-bahasa asing. Saya merupakan mahasiswa baru dari Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (iik.ac.id.) angkatan 2023, Fakultas Farmasi dengan program studi D3 Farmasi. 


(IIK Bhakta)

Mengapa saya mengambil jurusan ini? Saya mengambil jurusan ini karena saya ingin tahu bagaimana sih rasanya mempelajari tentang obat-obatan, meracik, mengolahnya menjadi obat yang layak untuk dikonsumsi. Selain itu, dengan memilih D3 maka akan ada lebih banyak praktik daripada teori sehingga skill akan menjadi lebih terasah dan masa studinya yang hanya sampai 3 tahun. 










🌼Nah teman-teman, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tutorial cara mudah menyisipkan halaman baru ke dalam lembar Ms.Word lalu dilanjut bagaimana cara membuat daftar isi otomatis. Langsung saja kita mulai, ya!

Pada tutorial pertama, untuk menambahkan halaman baru pada Ms.Word, anda dapat melakukannya dengan klik insert lalu memilih blank page

(klik insert lalu pilih blank page)



Atau anda juga dapat menggunakan keyboard dengan menekan tombol control + enter secara bersamaan

(tekan control dan enter secara bersamaan)











Setelah tutorial pertama selesai, kali ini saya ingin memberikan tutorial cara mudah membuat daftar isi otomatis Ms.Word yang benar dan rapi. Saya sudah memakai trik ini sejak saat sekolah menengah pertama dan cara ini akan sangat berguna bagi anda apabila sedang mengerjakan tugas seperti makalah yang halamannya bisa sampai berlembar-lembar. Pada tutorial ini saya akan memakai tugas karya ilmiah saya saat SMA sebagai contoh hehe. Ikuti terus ya! (✿╹◡╹) 


  • Langkah pertama, ubah semua BAB menjadi heading 1 sementara SUB BAB menjadi heading 2. Pada saat membuat daftar isi otomatis, anda harus paham betul bagaimana cara mengubah bab dan sub bab menjadi heading 1 dan 2 agar tidak kebingungan
(ubah semua BAB menjadi heading 1 dan semua SUB BAB (contoh sub bab: latar belakang) menjadi heading 2)


  • Langkah kedua, anda dapat membuka references lalu klik table of contents di pojok kiri seperti gambar yang saya berikan di bawah ini


  • Langkah selanjutnya, setelah menekan table of contents anda dapat memilih Automatic Table 1 



  • Apabila sudah anda klik, hasilnya akan menjadi seperti ini 


  • jangan lupa untuk anda rapikan sehingga hasil akhir akan menjadi seperti yang saya berikan di bawah ini







Bagaimana teman-teman, mudah sekali bukan? Cukup itu saja dulu, semoga tutorial yang saya berikan bermanfaat bagi anda semua. Kalau begitu saya mohon izin untuk pamit dan semoga kita dapat bertemu di lain waktu. Terima kasih!!✨













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama  : Najwa Ruki Umanu NIM     : 30323030 Prodi   : D3 Farmasi Kelas : C2   Etos Kerja Muslim: Menuju Prestasi yang Optimal  ...